Penulis: | Sabtu, 13 Oktober 2012 - 15:23:07 WIB
12 Negara Ikuti Festival Seni

Kategori: EKONOMI & BISNIS - Dibaca: 400 kali

YOGYAKARTA, Rakyat Media - Sedikitnya 12 negara bakal adu gengsi dalam Festival Seni Internasional 2012 yang bakal digelar di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) di Dusun Besi, Jalan Kaliurang KM 14, Sleman. 8 hingga 12 Oktober 2012 mendatang.
Ke 12 negara yang dipastikan mengikuti Festival Seni Internasional itu, adalah Timur Leste, Kanada, Malaysia, Belanda, Costaroca-Indonesia, Inggris, Hongaria, Singapura, Venezuela, Jepang, Yunani dan Indonesia.
"Festival Seni Internaional kali ini, pesertanya lebih banyak dibanding tahun sebelumnya," kata Kepala PPPPTK, Drs Sardi MPd kepada wartawan di ruang kerjanya, siang tadi (5/10). "Bahkan diantara negara peserta, sampai ada yang kolaborasi dengan Indonesia," tambahnya.
Lebih lanjut Sardi mengatakan, dalam festival teresebut, Timor Leste menyajikan tari tradisional Timor Leste dan tari garapan yang berbasis 'folklore'  Portugis. Sementara Kanada menampilkan, komposisi tari tunggal kontemporer sebagai hasil dari permenungan dan kontemplasi perjalanan hidup sang penari.
Sedangkan Mohd Yusoff Bakar dari Malaysia dan guru produktif seni teater, mencoba memadukan berbagai unsur seni pertunjukkan dalam satu balutan tata artistik dan nilai moral kehidupan manusia.
Sementara Anouk Wilke dari Belanda dan Guru Produktif Seni Tari, bakal menampilkan kolaborasi tari kontemporer yang mencoba bergerak berdasarkan ragam gerak dan teknik seni tari daerah yang digabungkan dalam satu cerita sehingga menjadi satu wujud ekspresi yang menyampaikan perdamaian.
Hal yang sama juga disampaikan Fernando and Friends yang berkolaborassi dengan seniman Indonesia, mencoba menggarap seni musik yang terinspirasi oleh persinggungan anasir alam semesta dalam kehidupan manusia sering meninggalkan kesan dan perasaan mengharu-biru.
(rm,sm)



0 Komentar :

Copyright © 2012 RakyatMedia.com. All rights reserved BR.