Penulis: | Jumat, 11 Januari 2013 - 23:23:38 WIB
Ratusan Kontraktor di Langkat Pertanyakan Setoran Ke PT. Jamsostek Cabang Binjai
Himpun Dana Mencapai Miliaran Rupiah
Kategori: HUKUM - Dibaca: 255 kali

Aparat Hukum Diminta Usut dan Audit Keuangan 

Langkat- Rakyat Media.-Selama 5 tahun terahir, sekitar 800-an Kontraktor ( Rekanan ) yang bekerja di kab. Langkat, mulai bertanya-tanya soal adanya setoran untuk Iuran Jasa Konstruksi, sesuai dengan pagu ( Nilai Proyek ) yang dikerjakan. Setoran tersebut, langsung dipenggal di PT. Bank Sumut Cabang Stabat ketia para Kontraktor akan mencairkan uangnya.

Di dalam kuitansinya pihak PT. Bank Sumut Cabang Stabat hanya mengandalkan sesuai dengan nota kredit PT. Jamsostek Cabang Binjai dengan pembayaran melalui AC kepada PT. Bank Sumut Cabang Stabat. Dan menurut salah seorang Kontraktor, yang menyetor sebesar Rp. 1 juta, kepada Wartawan Rakyat Media On Line, disebutkan di dalam kuitansi tersebut untuk pembayaran Iuran Ansuransi Keselamatan Kerja ( AKK) dan Angsuransi Kematian ( AK ) sesuai dengan SK Gubsu dengan No. 5857/1533/K Tahun 1985.

Inilah yang dijadikan patokan pihak PT. Bank Sumut Cabang Stabat, untuk menjalankan aksinya, sehingga menjadi bahan pertanyaan besar oleh Kontraktor di Langkat, padahal selama 5 tahun ini tidak ada klaim terhadap PT. Jamsostek Cabang Binjai. Oleh karenanya menurut, sejumlah Rekanan ( Kontraktor ), agara pihak PT. Bank Sumut Cabang Stabat dan PT. Jamsostek Cabang Binjai, dan pihak-pihak terkait dalam pengelolaan keuangan tersebut, dapat segera mejelaskan secara transfaran soalan setoran yang diperkirakan terkumpul sekitar Rp. 800 juta atau dikalikan selama 5 tahun, mencapai Rp. 4 Miliar.

Namun sayangnya, tidak pernah ada klaim dari rekanan kepada PT. Jamsostek Cabang Binjai baik untuk AKK atau AK, pungkas sumber dengan nada heran. Sementara itu Kacab PT. Jamsostem Cabang Binjai Suwilwan Rahmat didampingi Kabid Umumnya Fery Rinaldi, kepada Wartawan Rakyat Media On Line di kantornya, menjelaskan bahwa program yang dimaksudkan tersebut adalah untuk iuran Jamsostek Konstruksi, dan menyebutkan bahwa pekerjaan rekanan tersebut sebagai musiman.

Soal adanya potongan di PT. Bank Sumut Cabang Stabat, tentunya sudah lama berlangsung dan semuanya tergantung SPK selama ( 8 bulan ) atau masa kontrak kerjanya selama 40 hari kerja, pungkasnya. Namun baik Kacab PT. Jamsostek Cabang Binjai dan Kabid Umumnya, tidak bisa menjelaskan secara detail soal setoran uang Rekanan ( Kontraktor ) tersebut.

Dan malah memberikan contoh mereka belum lama ini melakukan pembayaran atas klaim pekerja Kontraktor dari wilayah kota Binjai sebesar Rp. 122 juta. Namun klaim di Langkat belum pernah ada. Dirinya juga menyarankan pihak Rekanan ( Kontraktor ) juga bisa langsung berhubungan dengan pihak PT. Jamsostek Cabang Binjai, terkait dengan soal setoran dan adanya klaim dari pihak pekerja Rekanan.

Terkait dengan adanya setoran yang sudah lama dilaksanakan oleh para Rekanan ( Kontraktor ) di wilayah Langkat tersebut, sehingga adanya transfaransi sekaligus penjelasan secara rinci soal penggunaan Keuangannya, menurut sejumlah Rekanan( Kontraktor ) di Langkat, agar dapat menjadi perhatian serius pihak Kajari Stabat Dr. H. Asep Nana Mulyana, SH, MH beserta jajarannya melakukan pengusutan soal dana setoran tersebut, baik melalui PT. Bank Sumut Cabang Stabat dan PT. Jamsostek Cabang Binjai, harap mereka. ( rm/Sup/pb ).




0 Komentar :

Copyright © 2012 RakyatMedia.com. All rights reserved BR.