Penulis: | Jumat, 25 Januari 2013 - 00:07:36 WIB
SENGKETA LAHAN EKS BIOSKOP INDRA
Sukrisno Unjukrasa di DPRD DIY
Kategori: HUKUM - Dibaca: 393 kali

YOGYA, Rakyat Media-Sukrisno Wibowo yang mengaku sebagai ahli waris tanah eks Bioskop Indra membawa massa untuk berunjukrasa di gedung DPRD DIY, Jumat (25/1/2013)menuntut pengakuan hak waris atas tanah eks Bioskop Indra yang kini tengah menjadi sengketa.

Penasihat hukum Sukrisno, Hamdani Abdul Katir menuntut pemerintah mengakui keberadaan ahli waris tanah eks Bioskop Indra sebagai warga Yogyakarta dan bukan sebagai warga asing. Dengan demikian, sudah seharusnya sengketa tanah tersebut diproses dengan Kepres no 32 tahun 1979 dan bukan Presidium Kabinet Dwikora 5 (Prk 5).

"Prinsip kami tetap sama yakni memakai Kepres nomor 32 tahun 1979. Tetapi di lapangan, kenapa justru yang dipakai PRK 5. Ini jelas ada yang diselewengkan," kata Sukrisno

Disebutkan, dalam Kepres nomor 32 tahun 1979 pada intinya adalah mengakui pokok-pokok kebijakan dalam rangka pemberian dan hak baru atas tanah atas konversi hak Barat.

Sementara pada Prk 5 menyatakan bahwa tanah yang ditinggalkan oleh orang-orang Barat menjadi milik negara. "Padahal tanah kami ini bukan milik orang Barat. Ini milik orang Indonesia asli. Kami juga tidak pernah meninggalkan bangunan dan tanah kami sejak tahun 1916 sampai saat ini. Lalu kenapa aturannya diselewengkan," ungkapnya.

Massa juga membentangkan spanduk bertuliskan dasar hukum kepemilikan waris tanah eks Bioskop Indra. Mereka juga membawa poster bertuliskan "Kami ahli waris dari ibu Vera Antoni tetap mempertahankan tanah kami". "Jangan menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan, sudah diberi kuasa kok disalahgunakan,". Massa yang menyerukan tuntutannya, menginginkan sikap dan tindakan anggota dewan untuk menerima aspirasinya.

Massa juga meminta dewan untuk turut membantu penyelesaian kasus ini. "Kami meminta kepada anggota dewan yang terhormat, untuk bisa ikut serta menyelesaikan permasalahan ini. Kami adalah warga Yogyakarta dan jangan diperlakukan seperti orang asing," tandasnya.(rm/kr)




0 Komentar :

Copyright © 2012 RakyatMedia.com. All rights reserved BR.