Penulis: Supriyadi Redaktur Daerah Sumatera Utara | Sabtu, 20 Juli 2013 - 20:06:05 WIB
Kejari Stabat Selidiki Kasus Pembelian Alat Ukur Udara di Kantor BLH Langkat

Kategori: KORUPSI - Dibaca: 1277 kali

LANGKAT, Rakyat Media.Com-Kepala Kejaksaan Negeri Stabat Hendri Hatta, SH MHum akan melidik kasus dugaan proyek fiktif terkait pembelian alat ukur udara sebesar Rp 1,643 Miliar di Kantor Badan Lingkungan Hidup (BLH) Langkat dan pihak Kejari akan membentuk tim untuk meyelesaikan kasus yang belakangan ini marak menjadi pembicaraan publik terkait dugaan kasus pembelian alat ukur udara yang dananya bersumber dari dana APBD Tahun 2011-2012  untuk segera diusut karena terindikasi adanya korupsi tentang proyek fiktif pembelian alat pengukur udara yang dianggarkan masing – masing pada tahun 2011 sebesar Rp 1.010.790.000. Dana sebesar ini oleh Kantor Badan Lingkungan Hidup lkt yakni digunakan untuk pengadaan sarana dan prasarana pemantauan kwalitas udara dan pengendalian pencemaran udara. Demikian Kajari Stabat Hendri Hatta SH Mhum menjawab pertanyaan Rakyat Media Online baru-baru ini.  
 
Oleh karenanya kasus tersebut sambung Kajari pihak kami akan mempokuskan untuk melidik dan membentuk tim dalam penanganan dugaan kasus pembelian alat ukur udara di Kantor BLH Langkat sampai sejauh mana kebenaran dan adanya dugaan tindak korupsi dalam penggunaan dana yang diperuntukkan untuk membeli alat tersebut yang dananya bersumber dari APBD tahun 2011 yang juga pada tahun berikutnya tahun 2012 dana tersebut  kembali dianggarkan untuk pembelian alat yang sama (alat pengukur udara) sebesar Rp 1.643.673.800. dan disamping itu juga ada dana yang mencurigakan dipergunakan untuk biaya program pengendalian pencemaran dan perusak lingkungan hidup.
 
Ironinya barang yang dimaksud tidak terlihat di Kantor Badan Lingkungan Hidup (BLH) lkt. Padahal jika barang tersebut memang benar ada, jelas terlihat karena tidak bisa disembunyikan.Selain itu dana yang dicurigai adanya dugaan mark up tentang peruntukan pengadaan sarana dan prasarana pemantauan kwalitas lingkungan yang mencapai anggaran dananya meliputi Rp 1.129.436.000 sebagaimana dimaksud dari jumlah tersebut dalam tanda kutif, belanja modal pengadaan alat laboraturium dan belanja modal alat-alat laboratorium kimia.


Dan pada item lainnya juga indikasi kecurangan terkait pelaksanaan kegiatan hari lingkungan hidup dimana belanja makan dan minum untuk kegiatan sebesar Rp 42.500.000, juga tentang biaya program bina teknologi dan pengelolaan lingkungan serta pengawasan pelaksanaan Amdal dan peningkatan Sekretariat komisi Amdal sebesar Rp 115.581.250 dan masih banyak lagi anggaran-anggaran yang diperuntukkan di Kantor Badan Lingkungan Hidup lkt yang dananya sarat permainan mark up yang merugikan uang Negara yang bersumber dari uang rakyat yang dituangkan ke dalam APBD Lkt Tahun 2011-2012 untuk Kantor Badan Lingkungan Hidup tersebut.
 
Sesuai berkas dan temuan dari audit BPK RI pada tahun 2012 lalu, dari berdasarkan inilah kata Kajari pihak kami akan melidik untuk penyelesaian kasusnya dan siapa-siapa saja oknum yang terkait didalamnya kita tetap tindak lanjuti hingga keproses hukumnya, papar Hendri Hatta, SH Mhum menjelaskan seputar kasus proyek fiktif di Kantor BLH Langkat.
 
Dalam kasus proyek fiktif pembelian alat ukur udara yang terindikasi adanya sarat permainan kotor oleh oknum-oknum di Kantor BLH Langkat, masyarakat Langkat mengharap sangat setelah kasus tersebut ditangani pihak Kejari Stabat, sehingga harapan masyarakat itu hendaknya juga oknum Kejari Stabat selaku pemangku hukum benar-benar melaksanakan kinerjanya sebagai pemegang hukum di Langkat, tambah sumber.
 
Sementara Kadis  Badan Lingkungan Hidup Langkat, Herminta Sembiring ketika dikonfirmasi melalui ponselnya tidak dijawab, demikian juga sewaktu di SMS mempertanyakan adanya proyek fiktif tersebut juga tidak mendapat balasan dari pihaknya seakan mengabaikan sehingga Rakyat Media Online belum mendapat konfirmasi dari yang bersangkutan.(rm/red)




2 Komentar :

jasa pindahan rumah
05 Agustus 2013 - 03:09:47 WIB

websitenya bagus,postinganya juga menarik.sangat bermanfaat bagi pengunjung.
kampung inggris pare
04 Agustus 2013 - 05:11:27 WIB

I really like the article anda.salam to admin
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>
Copyright © 2012 RakyatMedia.com. All rights reserved BR.