BengkalisRIAUSOSIALUMUM

Darwis. Ak Ketua DPC AWNI Bengkalis Harap Kadis Sosial Bengkalis Jangan Lempar Bola Soal BST

BENGKALIS, RAKYATMEDIA.COM-Ketua DPC Aliansi Wartawan Nasional Indonesia  ( AWNI ) Darwis.Ak berharap kepada Kepala Dinas Sosial Hj. Martini jangan melempar tanggung jawab kepada orang lain, hal yang disampaikan oleh kepala dinas terkait dana BST yang menyarankan kepada insan pers untuk mempertanyakan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bengkalis, hal ini kan udah lain kewenangannya,  terkait belum disalurkannya Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap II dan III untuk masyarakat Kelurahan yang terdampak Covid-19.

Kan sudah merupakan tanggung jawab pemerintah kabupaten Bengkalis melalui Dinas Sosial, pernyataan tersebut yang disampaikan Hj. Martini melalui aplikasi berbagi pesan WhatsApp saat dikonfirmasi oleh rekan-rekan media, Kamis, 16 Juli 2020.”Persyaratan untuk pencairan dana BST sudah beberapa kali kami ajukan karena ada yang harus diperbaiki. Terakhir tanggal 08 Juli 2020 kemaren untuk dibuatkan rekomendasinya. Tapi sampai sekarang belum ada beritanya,” jelas Hj. Martini.

Selanjutnya, Hj. Martini menyarankan agar rekan-rekan media menanyakan kepada Gugus Tugas, karena ia sudah beberapa kali menanyakannya. Ditempat terpisah, Ketua Koalisi Ketua DPC AWNI Kabupaten Bengkalis Darwis.Ak menyesalkan atas pernyataan Hj. Martini tersebut. Menurut Darwis.Ak kepada Rakyat Media penyaluran BST untuk seluruh Kelurahan yang ada di Kabupaten Bengkalis mutlak menjadi tanggung jawab Dinas Sosial. Tapi bukan tanggung jawab masyarakat atau rekan-rekan wartawan,

“Soal belum adanya tanggapan dari Gugus Tugas, itu bukan tanggung jawab media. Seharusnya, Dinas Sosial yang ditunjuk untuk menyalurkan BST tersebut harus tau kendalanya apa, jangan hanya menunggu bola, Kenapa  penyaluran BST tahap II dan III yang sejogyanya dibayarkan bulan Mei dan Juni tapi sampai sekarang belum juga disalurkan,” terang Darwis.

Apa lagi sekarang sudah bulan Juli, seharusnya Pemerintah Kabupaten Bengkalis bisa menyikapi atau menjelaskan kepada masyarakat apa yang menjadi masalah kendalanya, tegas Darwis.Ak  lagi.

Sebaiknya, lanjut Darwis.Ak mengatakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis jangan hanya memberi harapan kepada masyarakat yang terdampak.”Tolonglah segera realisasikan. Buat apa dibentuk tim gugus covid-19 kalau tidak kerjasama antara dinas yang terkait , apa lagi hal Itukan memang untuk masyarakat kabupaten Bengkalis , jadi jangan hanya bisa memberi harapan saja ,tegas Darwis.Ak .

Mengapa penyaluran BLT tahap I, II dan III, terang Darwis untuk Anggaran pusat melalui Desa- desa sudah di salurkan untuk bulan April, Mei dan Juni. dan sekarang sudah bulan Juli. Sampai kapan masyarakat harus menunggu, Mak cik. Zaman covid-19 ini Masyarakat sangat membutuhkan  ekonomi sulit jangan ditahan-tahan  penyalurannya. Dinas Sosial jangan lempar bola kepada Gugus Tugas. Masyarakat jangan dianggap sepele,” harap Darwis kesal.

Kalau alokasi anggarannya sudah tidak ada lagi tolong jelaskan kepada masyarakat. Agar masyarakat tidak berharap- harap , dan tunjuk sipat tanggung jawab sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah kabupaten Bengkalis, Jadi masyarakat yang terdampak bisa menikmatinya yang kesulitan ekonomi, ujar Darwis.Ak yang sangat di kenal sebutan Dirertur LSM BPN ICI RIAU ini,.Ditempat terpisah Sugianto anggota DPDR komisi 1  kab, Bengkalis juga merupakan tim panitia covid-19 lewat ponsel nya mengatakan bahwa kami mendesak Dinas Sosial yang sipatnya bantuan , apa lagi hal ini menyangkut sipatnya bantuanya masyarakat, kata sugianto singkat.

Laporan : Jun dari Biro Bengkalis

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button