Hutan di Garut terbakar namun cepat diantisipasi.
BandungBENCANAJAWA BARAT

Kesiapan Polhut Limbngan Antisipasi Terjadinya Kebakaran Hutan

3views

GARUT, RAKYATMEDIA.COM- Tibanya musim kemarau seperti saat ini sangat rentan terhadap terjadinya kebakaran hutan, tidak menutup kemungkinan musibah itu akan datang entah disengaja maupun tidak disengaja. Seperti dengan yang terjadi hari ini, titik api muncul diduga berasal dari hutan lindung sekitar Kp. Cipaku Desa Cigagade Kecamatan Balubur Limbangan Kabupaten Garut, Jum’at (07/08/2020).

Kesigapan petugas itu terbukti, dengan langsung  terjun ke area dimana titik api terlihat, setelah dicek ke lapangan ternyata titik api tersebut berasal dari tanah perkebunan milik warga setempat. Menurut pengakuan si pemilik kebun kepada wartawan, kebun tersebut sengaja dibakar supaya cepat bersih karena nantinya akan ditanami  umbi-umbian dan tanaman lainnya.”Ini kebun sengaja di bakar untuk menanam Jagung dan Singkong.” Pengakuan warga kepada wartawan.

BERITA LAINNYA  Jaga Ketahanan Pangan, Polsek Kasokandel Lakukan Pembersihan Dan Perawatan Lahan Pangan

Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, dan untuk menjaga supaya api tidak menjalar ke hutan lindung perhutani, Polisi Kehutanan (Polhut) Limbangan langsung mengantisipasi dengan memadamkan kobaran api tersebut.

Sementara itu Kepala Resort Pemangku Hutan (KRPH) Sdr. Yudi Yuhandi dilapangan, mengatakan tadinya sangat mengkhawatirkan kalau titik api itu berasal dari hutan lindung, tetapi kami selalu siap siaga dan akan mengantisipasi sekaligus akan mencegah segala kemungkinan yang akan terjadi, termasuk dengan kasus yang terjadi saat ini.”Karena yang saya takutkan, titik api berasal dari hutan lindung yang berdekatan dengan titik api yang sebenarnya.” Tandasnya.

Laporan : Ali Achmad, Rakyat Media Garut

 

 

Leave a Response