Hal Ajaib Yang Dilakukan Tubuh Kita

0

Hal Ajaib Yang Dilakukan Tubuh Kita

Tubuh kita memiliki siklus dan sistem biologis yang sangat kompleks yang seringkali sulit untuk dipahami. Mekanisme pertahanan adalah salah satu dari sekian banyak siklus dan sistem biologis tersebut. Mereka melindungi kita selama 24 jam dalam sehari, tujuh hari dalam seminggu, dan sepanjang umur kita dari segala hal yang berpotensi membahayakan kita.

Berikut ini adalah hal menakjubkan yang dilakukan oleh tubuh untuk melindungi kita.

Cegukan

Ketika kita makan terlalu cepat, menelan gigitan yang terlalu besar, atau terlalu banyak makan, perut kita bisa terkena iritasi. Oleh karena itu tubuh kita mengalami cegukan yang ditujukan untuk melindungi perut kita dari iritasi tersebut.

Tersentak Saat Tidur

Pernahkan anda tertidur dan tiba-tiba bermimpi terjatuh lalu benar-benar terasa terjatuh dan bangun dengan tubuh yang tersentak kaget?

fenomena ini terjadi karena ketika kita hendak jatuh tertidur, frekuensi napas kita menurun sangat cepat sementara denyut nadi kita melambat dan otot-otot kita menjadi sangat rileks. Ajaibnya, otak kita mengartikan ini sebagai tanda kematian. Oleh karena itu, otak kita memberikan sentakan itu sebagai peringatan untuk menyelamatkan kita.

Peregangan 

Ketika bangun tidur, biasanya kita akan meregangkan tubuh kita. Tetapi tidak hanya saat baru bangun tidur, kita akan meregangkan tubuh kita di waktu-waktu tertentu. Nah.. ternyata tujuan utama tubuh kita melakukan hal tersebut adalah untuk mempersiapkan otot kita melakukan banyak hal, mengembalikan aliran darah, dan meningkatkan suasana hati kita.

Memguap

Tujuan utama kita menguap adalah untuk mendinginkan kepala kita yang mulai panas dan kelebihan beban lho… bukan semata-mata karena kita mengantuk.

Bersin

Tujuan utama kita bersin adalah untuk membuang setiap partikel jahat seperti alergi, mikroba, debu, atau partikel penyebab iritasi yang mencoba masuk melewati jalur pernafasan kita.

Kerutan Kulit

Biasanya saat mandi di kolam agak lama, kulit tangan dan kaki kita akan mengkerut. Hal ini terjadi karena tubuh kita memiliki kelembapan yang tinggi dan otak kita menangkap sinyal bahwa di sekitar kita kemungkinan berlantai licin. Oleh karena itu, kulit kita akan mengalami kerutan-kerutan tersebut untuk menyesuaikan diri dengan permukaan yang licin.

Merinding 

Fungsi utama kulit kita merinding adalah melepaskan sejumlah panas yang diproduksi tubuh kita melalu pori-pori kulit. Dimana hal tersebut dapat memberikan suhu yang normal bagi tubuh kita ketika tiba-tiba terjadi perubahan suhu atau emosi.

Kehilangan Ikatan

Kehilangan beberapa ingatan biasanya terjadi ketika hal yang tidak menyenangkan atau pengalaman buruk terjadi . Oleh karena itu otak menghapus memori buruk tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *